Rabu, 06 Januari 2016

Kencan Buta dengan Mona Lisa






Hai semua, pada tulisan pertama di blog IstriEmpat ini saya akan mengangkat tentang Kencan Buta atau Blind Date. Siapa di sini yang pernah ngelakuin kencan buta? Ayo ngakuuu. Nggak usah malu-malu gitu keless. Ya sudah kalau nggak ada yang mau ngaku, saya mau cerita neh. Dulu pas zaman masih bujang saya pernah juga melakukan kencan buta. #buangmuka

Kencan Buta Adalah

Menurut Tante Wiki: A blinddate is a social engagement between two people who have not previously met, usually arranged by a mutual acquaintance. Sedangkan menurut Kamus Indonesia: Kencan Butaadalah pertemuan romantis antara dua orang yang belum pernah bertemu sebelumnya.
Thanks to Mark Zuckerberg yang sudah membuat Facebook sehingga cowok pendiam dan pemalu seperti saya dulu tetap bisa mencari kenalan cewek, nggak kalah sama cowok-cowok ganteng dan playboy di luaran sana. Jadi waktu itu saya memiliki kenalan seorang cewek lewat fesbuk, sebut saja namanya Mona Lisa. Saya lupa kenal sama Mona Lisa ini dari siapa atau di grup mana, yang pasti dia anak Malang juga.
Di akun fesbuknya, Mona Lisa hanya memasang beberapa foto saja. Kalau dari segi wajah sih sebenarnya bukan tipe saya, ya sudahlah buat temenan saja. Kan nggak semua kenalan harus digebet dijadiin pacar kan. Dari obrolan di inbox lanjut ke sms-an, waktu itu belum ada whats app sih. Duh jadi ketauan banget umurnya.

Kencan Buta di Konser Gigi

 
sumber: youtube.com

Suatu ketika saya mendapatkan tiket gratis konser Gigi di Malang. Kebetulan di tempat kerja setiap kali ultah ngundang grup band ibukota buat menghibur para staff dan mahasiswa. Nah, temen saya ada yang nggak suka ama Gigi sehingga tiketnya diberikan kepada saya. Karena saat itu saya lagi dapet kosong, saya bingung juga mau nonton sama siapa.
Trus mendadak saya langsung ingat sama Si Mona. Saya sms deh tuh anak. Awalnya saya nanyain dia ada acara nggak pas hari konser itu. Trus nanya-nanya dia suka nggak sama grup Gigi. Dia jawabnya biasa aja sih. Trus saya tawarin untuk nonton bareng konser Gigi, eh dianya mau. Ya udah deh deal. Say amah gitu orangnya, nggak bisa basa-basi, langsung to the point saja. Kalau nggak percaya, Tanya sendiri deh sama Mama Ivon gimana saya pas ngajak dia ketemuan pertama kali dulu hihihi.
Di hari H, sehabis maghrib saya meluncur ke kos-kosan Si Mona yang berada di belakang kampus ITN. Lokasinya nggak jauh dari tempat kerja saya sehingga waktu itu saya sengaja nggak pulang sehabis kerja. Ketika saya sampai di kos-kosannya saya sedikit takjub karena ternyata Si Mona ngekosnya di sebuah rumah mewah bertingkat dua. Hmm cewek tajir juga rupanya Si Mona ini. #naluricowokmatrekumat
Dan moment ketika pertama kali kami bertemu itu cukup membuat saya agak terkejut karena tampilan Mona Lisa di dunia nyata ternyata berbeda dengan foto-foto yang selama ini saya lihat di akun Facebooknya. Saya baru ngeh kalau ternyata foto-foto yang dipasang itu sudah diedit dengan aplikasi foto, karena wajah asli Mona Lisa tidak seputih dan semulus di foto.
Penampilan Si Mona malam itu nggak ancur kok, malahan di tampil total abies. Dia memakai baju tanpa lengan warna putih, celana ketat hitam, sepatu high heels, rambutnya yang panjang dibiarkan tergerai dan wajahnya… make up tebal banget sudah kayak ibu-ibu mau kondangan. Saya berasa kebanting banget deh pokoknya.  #amitamitjabangbayi #eluselusperut
“Ini Mona ya?” sapa saya sambil menyalaminya.
“Iya, kamu Ihsan kan?”
“Iya, Ihsan.” Sengaja saya mengiyakannya karena saya tidak mau dia mengetahui identitas saya yang sebenarnya. Memang sering sih, orang salah sebut nama saya: ihsan, ilham, iwan.
Singkat kata kami berdua lalu berangkat menuju tempat konser Gigi berlangsung. Sepanjang jalan saya berdoa semoga di tempat konser nanti saya tidak bertemu dengan teman-teman kerja saya yang sudah nikah. Bisa dibully habis-habisan deh saya kalau mereka tahu saya pergi nonton konser dengan seorang cewek. Maklum waktu itu saya termasuk tiga bujang yang belum nikah-nikah di kantor sehingga setiap kali di antara kami punya kenalan cewek baru pasti bakalan heboh.
Rasa grogi yang saya rasain ketika sampai di tempat konser mengalahkan rasa grogi saya ketika tadi pertama kali melihat Mona Lisa. Semakin dekat langkah kami menuju pintu masuk, semakin kencang doa saya.
“Moga-moga temen-temen nggak datang. Moga-moga nggak ada yang kenal aku.”
Waktu itu single Gigi yang berjudul Sebelas Januari lagi ngehits-ngehits-nya, para penonton langsung bersorak dan ikutan bernyanyi ketika lagu pamungkas itu akhirnya dinyanyiin oleh Arman Maulana. Saya pun sebenarnya ingin ikut nyanyi juga namun kencan buta yang tidak sesuai harapan saya itu telah menghilangkan mood saya buat menikmati konser. Sepanjang konser kami berdua jarang sekali ngobrol, yang ada hanyalah kecanggungan di antara kami. Mungkin Mona Lisa juga kecewa dengan penampilan saya yang sebenarnya. Mungkin dia juga berharap konser ini segera berakhir seperti yang saya harapkan juga.
Setelah kencan buta yang tidak sesuai harapan itu, komunikasi saya dengan Mona Lisa totally end. Kami saling tidak menghubungi lagi karena memang sama-sama kecewa he he he. Buat Anda yang saat ini berencana melakukan kencan buta dengan cewek/cowok kenalan Anda, saya ada sedikit tips yang mungkin bisa diterapkan.

Tips Kencan Buta

  1. Be Detective. Cari tahu informasi tentang si dia sebanyak mungkin lewat akun sosmednya, paling gampang akun Facebook. Lihat sebanyak mungkin foto-foto si dia agar Anda tidak membeli kucing dalam karung. Kalau di akun fesbuknya tidak banyak foto atau fotonya meragukan keasliannya, cari tahu lewat teman-temannya. Masa iya sih, foto bareng teman-temannya juga dimanipulasi.
  2. Be Save. Pilih tempat ketemuan yang aman, usahakan di tempat umum. Jangan karena malu atau takut ketauan teman-teman lagi kencan buta trus Anda mau-mau saja diajak ketemuan di tempat yang rahasia. Apalagi yang cewek neh, jangan mudah tergoda rayuan cowok ganteng.
  3. Good Attitude. Tetap jaga sikap dan perilaku Anda dengan baik, selain menjaga image juga menjaga perasaan si dia. Terutama jika penampilan asli si dia tidak sesuai dengan harapan Anda. Jangan main kabur gitu aja, terutama yang cewek neh. Cowok juga punya perasaan gals.
  4. Plan B. Kalau ternyata si dia nggak sesuai harapan dan Anda kuatir tidak bisa berlaku baik padanya, siapkan rencana cadangan. Misalnya menyuruh teman untuk menelpon Anda dan mengharuskan Anda cabut. Jadi perasaan si dia tetap terjaga gitu.
Itulah cerita kencan buta saya dengan Mona Lisa yang tidak sesuai harapan. Semoga terhibur dan semoga tips yang saya berikan berguna bagi Anda yang saat ini punya rencana kencan buta dengan kenalan baru Anda. Have a great blind date yaa.


14 komentar:

  1. Mona Lisa mirip siapa sih? Penasaran.....

    BalasHapus
  2. Mona Lisa mirip siapa sih? Penasaran.....

    BalasHapus
  3. Ya ampun bayangin monalisa tuh kayak...... *elus2perutgendut

    BalasHapus
  4. Aduh...masa aku mesti praktekkan tips kencan butamu, Wan :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kali aja mau iseng hi3

      *disambit tiket ke Belitong

      Hapus
  5. ah tips nya udah lewat buat aku, boleh diulang ga ya masa singleku. hihihi

    BalasHapus
  6. Hahahaa...bisa juga ya Wan kamu kencan model begitu. Warbiyasaaahhh... :))

    BalasHapus
  7. Aku gak pernah kencan buta, kencan gelap-gelapan pernah. Sekian

    BalasHapus
  8. mona lisa di jogja enak, ini burger dengan mayones yang enak...

    BalasHapus

Pay Pal

Facebook